Sabtu, 31 Desember 2016

Variasi Dalam Penggunaan Media dan Bahan






        Setiap anak didik mempunyai kemampuan indra yang tidak sama baik pendengaran maupun pengelihatannya, demikian juga kemampuan berbicara. Ada yang lebih enak dan senang membaca, ada yang lebih senang mendengarkan dulu baru membaca, dan sebaliknya. Dengan variasi penggunaan media, kelemahan media yang dimiliki tiap anak didiknya misalnya, guru dapat memulai dengan berbicara lebih dahulu, kemudian menulis di papan tulis, dilakukan dengan melihat contoh konkret. Dengan variasi seperti itu dapat member stimulus terhadap indra anak didik.
Ada tiga komponen dalam variasi penggunaan media yaitu media pandangan, media dengar, dan media taktil. Apabila penggunaan media bervariasi dari satu ke yang lain, atau variasi bahan ajaran dalam satu komponen media, maka akan banyak sekali memerlukan penyesuaian indra anak didik, membuat perhatian anak didik menjadi lebih tinggi, memberi motivasi belajar,mendorong berpikir dan meningkatkan kemampuan belajar.




 

Sumber :  Majid, Abdul. 2013. Strategi pembelajaran. Bandung : Pt Remaja Rosdakarya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar