Rabu, 14 Desember 2016

SASARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN


Setiap kegiatan belajar mengajar mempunyai sasaran atau tujuan. Tujuan itu bertahap dan berjenjang, mulai dari yang sangat operasioanal dan konkret takni tujuan pembelajaran khusus, tujuan pembelajaran umum, tujuan kurikuler dan tujuan nasioanl sampai pada tujuan yang bersifat universal. Persepsi guru atau persepsi anak didik mengenal sasaran akhir kegiatan belajar mengajar akan memengaruhi persepsi mereka terhadap “sasaran antara” dan sasaran kegiatan”. Sasaran itu harus diterjemahkan ke dalam cirri-ciri perilaku kepribadian yang didambakan.

Belajar mengajar sebagai suatu system instruksional mengacu kepada pengertian sebagai seperangkat komponen yang saling bergantung satu sama lain untuk menvapai tujuan. Sebagai suatu system, belajar mengajar meliputi sejumlah komponen, antara lain tujuan pelajaran : bahan ajar, siswa yang menerima pelayanan belajar; guru; metode dan pendekatan;situasi; dan evaluasi kemajuan belajar. Agar tujuan itu dapat tercapai, semua komponen yang ada harus diorganisasikan dengan baik sehingga diantara komponen itu terjadi kerja sama.

Secara khusus, dalam proses belajar engajar guru berperan sebagai pengajar, pembimbing, perantara sekolah dengan masyarakat, administrator dan lain-lain. Untuk itu wajar bila guru memahami dengan segenap aspek pribadi anak didik seperti :
1.      Kecerdasan  dari bakat khusus
2.      Prestasi sejak permulaan sekolah
3.      Perkembangan jasamani dan kesehatan
4.      Kecenderungan emosi dan karakternya
5.      Sikap dan minat belajar
6.      Cita-cita
7.      Kebiasaan belajar dan bekerja
8.      Hobi dan pengunaan waktu senggang
9.      Hubungan social disekolah dan dirumah
10.  Latar belakang keluarga
11.  Lingkungan tempat tinggal
12.  Sifat-sifat khusus dan kesulitan belajar anak didik
Usaha untuk memahami anak didik ini bias dilakukan melalui evaluasi, selain itu guru mempunyai keharusan melaporkan perkembangan hasil belajar para siswa kepada kepala sekolah, orang tua , serta instansi yang terkait.


Sumber :  Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung : Pt Remaja Rosdakarya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar