Tourney (1973) mengemukakan 8 keterampilan dasar mengajar yaitu sebagai berikut :
1.
Keterampilan bertanya yang mensyaratkan guru harus
menguasai teknik mengajukan pertanyaan yang cerdas, bayi keterampilan bertanya
dasar maupun keterampilan bertanya lanjut.
2.
Keterampilan memberi penguatan. Seorang guru perlu
menguasai keterampilan memberikan penguatan karena penguatan merupakan dorongan
bagi siswa untuk meningkatkan perhatian.
3.
Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan, yang
mensyaratkan guru agar mengadakan pendekatan secara pribadi mengorganisasikan,
membimbing, dan mudahkan belajar, serta merencanakan dan melaksanakan kegiatan
belajar mengajar.
4.
Keterampilan menjelaskan yang mencerahkan guru untuk
merefleksi segala informasi sesuai dengan kehidupan sehari-hari. Setidakny,
penjelasan harus relevan dengan tujuan materi sesuai dengan kemampuan dan latar
belakang siswa serta diberikan pada awal, tengah, ataupun akhir pelajaran
sesuai dengan keperluan.
5.
Keterampilan membuka dan menutup pelajaran. Dalam
konteks ini, guru perlu mendesain situasi yang beragam sehingga kondisi kelas
menjadi dinamis.
6.
Keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil. Hal
terpenting dalam proses ini adalah mencermati aktivitas siswa dalam diskusi.
7.
Keterampilan mengelola kelas, mencakup keterampilan
yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan serta pengendalian kondisi
belajar yang optimal.
8.
Keterampilan mengadakan variasi, baik variasi dalam gaya
mengajar, penggunaan media dan bahan pelajaran, dan pola interaksi dan kegiatan.
Sumber :
Majid,abdul.2013.Strategi Pembelajaran. Bandung : Pt Remaja Rosdakarya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar