Identitas budaya terdapat sebuah
pertanyaan lainnya yang tidak dapat diabaikan, yaitu pertanyaan tentang
identitas budaya dalam kaitanya dengan individu dan kelas sosial dari para
pembelajar (Freire, 1997:62). Ini adalah sebuah hal lagi yang harus diasumsikan
oleh mereka yang berpartisipasi dalam dunia pendidikan. Menghargai identitas budaya
ini secara absolut bersifat fundamental. Hal ini berkaitan secara langsung
dengan pengasumsian siapa kami, yang tidak dapat dilakukan atau ditegakkan oleh
pendidikan dengan fungsi teknis objektif dan gramatikal. Pendidikan yang
sepenuhnya pragmatik yang implisit atau secara terbuka mengekspresikan
otoritarianisme elitis, tidak sejalan dengan proses belajar dan praktik untuk
proses menjadi “subjek”.
Sumber : Kesuma, darma dan Teguh ibrahim.2016.Struktur Fundamental Pedagogik. Bandung : Pt Refika aditama
Sumber : Kesuma, darma dan Teguh ibrahim.2016.Struktur Fundamental Pedagogik. Bandung : Pt Refika aditama
Tidak ada komentar:
Posting Komentar