Al-Ghazali dalam kitabnya Tahdzib Al-Akhlak wa Mu'alajat Amradh al-Qulub
mengemukakan bahwa setiap kali seorang anak menunjukkan perilaku mulia
atau perbuatan yang baik seyogyanya Iya memperoleh pujian dan jika perlu diberi
hadiah atau insentif dengan sesuatu yang menggembirakannya, atau ditujukan
pujian kepadanya di depan orang-orang sekitarnya.
kemudian jika
suatu saat ia bersikap berlawanan dengan itu, sebaiknya orang tua dan guru
berpura-pura tidak mengetahui agar tidak membuka rahasianya. Apalagi jika anak
sendiri merahasiakannya.
Setelah itu apabila ia mengulangi lagi perbuatannya, sebaiknya ia ditegur secara rahasia ( tidak di depan orang lain) dan memberitahunya akibat buruk dari perbuatannya dan katakan padanya untuk tidak mengulanginya lagi. Namun ketika memberi tahu janganlah berlebihan dan mengecamnya setiap saat karena terlalu sering menerima kecaman akan membuatnya menerima hal itu sebagai sesuatu yang biasa dan dapat mendorongnya ke arah perbuatan yang lebih buruk lagi.
Setelah itu apabila ia mengulangi lagi perbuatannya, sebaiknya ia ditegur secara rahasia ( tidak di depan orang lain) dan memberitahunya akibat buruk dari perbuatannya dan katakan padanya untuk tidak mengulanginya lagi. Namun ketika memberi tahu janganlah berlebihan dan mengecamnya setiap saat karena terlalu sering menerima kecaman akan membuatnya menerima hal itu sebagai sesuatu yang biasa dan dapat mendorongnya ke arah perbuatan yang lebih buruk lagi.
“Saling bertukar hadiahlah, sebab hadiah menghilangkan kebencian didada” (HR Turmudzi dan Ahmad)
“…Dan untuk hal yang demikian itu hendaknya orang berlomba-lomba” (QS Al Mutaffifin: 26)
“Katakanlah masing-masing bekerja menurut bakatnya (bentuknya) Tuhanmu lebih mengetahui orang yang mendapat jalan yang lebih baik. (QS Al-Isra : 84).
Berikut ini
beberapa ide yang dapat digunakan oleh guru untuk memotivasi siswa di dalam
kelas. Apabila siswa termotivasi, kecil kemungkinan terjadi masalah pengelolaan
kelas dan disiplin.
1.
Gunakan Metode Dan Kegiatan Yang Beragam
2.
Jadikan Siswa Peserta Aktif
3.
Buatlah Tugas
Yang Menantang Namun Realistis Dan Sesuai
4.
Ciptakan Suasana Kelas Yang Kondusif
5.
Berikan Tugas
Secara Proporsional
6.
Libatkan Diri
Anda Untuk Membantu Siswa Mencapai Hasil
7.
Berikan Petunjuk
Pada Para Siswa Agar Sukses Dalam Belajar
8.
Dari Kompetensi
Antar Pribadi
9.
Berikan Masukan
10. Hargai Kesuksesan Dan Keteladanan
11. Antusias
Dalam Mengajar
12. Tentukan
Standar Yang Tinggi Tetapi Realistis Bagi Seluruh Siswa
13. Pemberian Penghargaan Untuk Memotivasi
14. Ciptakan Aktivitas Yang Melibatkan Seluruh
Siswa Dalam Kelas
15. Hindari
Penggunaan Ancaman
16. Hindarilah
Komentar Buruk
17. Kenali
Minat Siswa Siswa Anda
18. Peduli
Dengan Siswa Siswa Anda
Sumber :
Majid,abdul.2013.Strategi Pembelajaran. Bandung : Pt Remaja Rosdakarya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar