Pembagian
radikal adalah pembelajaran terpadu pada transformasi struktur sosial
penindasan menjadi struktur sosial humanisasi untuk semua orang. Pembangkangan
terjadi, sebagai bagian dari revolusi pedagogis, karena manusia harus menjadi
manusia, menolak diperlakukan sebagai objek, seperti hewan (Freire, 1974: 50-51
; Carnoy dalam Freire 1977:7 ; Freire, 1997 :50; Freire, 1997:89). Pembelajaran
radikal adalah pembelajaran yang membentuk manusia-manusia penggugat kehidupan,
memperjuangkan kehidupan yang humanis demi terwujudnya kehidupan masyarakat
yang demokratis. Pembelajaran radikal adalah pembelajaran kritis yang mampu
membangkitkan kesadaran kaum tertindas, hingga mereka pun berteriak histeris
dengan kondisinya, menyadari humanitasnya telah direnggut oleh para penguasa,
hingga sikap kritisnya pun mampu melahirkan tindakan-tindakan pembangkangan
yang tertuju pada tegaknya humanisasi.
Sumber : Kesuma, Dharma dan Teguh Ibrahim. 2016.
Struktur Fundamental Pedagogik. Bandung : Pt Refika Aditama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar