Instruction
pembelajaran
merupakan akumulasi dari konsep mengajar (teaching) dan konsep belajar
(learning). Stressing-nya terletak
pada perpaduan antara keduanya, yakni penumbuhan aktivitas subjek didik. Konsep
tersebut dapat dipandang sebagai suatu system, sehingga dalalm kegiatan belajar
terdapat komponen-komponen peserta didik, tujuan, materi, fasilitas dan
prosedur, serta alat atau media yang dipergunakan. Secara umum ada 3 pokok
dalam strategi pembelajaran :
1. Tahap pemulaan (prainstruksional)
Tahap prainstruksional
adalah tahapan yang ditempuh guru pada saat ia memulai proses belajar dan
mengajar. Tujuan tahapan ini adalah mengungkapkan kembali tanggapan siswa
terhadap bahan yang telah diterimanya, dan menumbuhkan kondisi belajar dalam
hubungannya dengan pelajaran hari itu.
Tahap prainstruksional dalam strategi
mengajar mirip dengan kegiatan pemanasan dalam olahraga. Kegiatan ini akan
memengaruhi keberhasilan siswa.
2. Pengajaran
(instruksional)
Tahap pengajaran atau
tahap inti, yakni tahapan memberikan bahan pelajaran yang telah disusun guru
sebelumnya.
3. Tahap
penilaian dan tahap tindak lanjut
Tahap penilaian atau tahap evaluasi
dan tindak lanjut dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan tahapan ini ialah untuk
mengetahui tingkat keberhasilan dari tahapan instruksional.
Meier (2002:103) berpendapat bahwa
kegiatan pembelajaran pada hakikatnya mempunyai empat unsure, yakni :
1. Persiapan
(preparation)
2. Penyampaian
(presentation)
3. Pelatihan
(practice)
4. Penampilan
hasil (performance)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar