Rabu, 14 Desember 2016

TAHAPAN KEGIATAN PEMBELAJARAN


Instruction pembelajaran merupakan akumulasi dari konsep mengajar (teaching) dan konsep belajar (learning). Stressing-nya terletak pada perpaduan antara keduanya, yakni penumbuhan aktivitas subjek didik. Konsep tersebut dapat dipandang sebagai suatu system, sehingga dalalm kegiatan belajar terdapat komponen-komponen peserta didik, tujuan, materi, fasilitas dan prosedur, serta alat atau media yang dipergunakan. Secara umum ada 3 pokok dalam strategi pembelajaran :
1.       Tahap pemulaan (prainstruksional)
Tahap prainstruksional adalah tahapan yang ditempuh guru pada saat ia memulai proses belajar dan mengajar. Tujuan tahapan ini adalah mengungkapkan kembali tanggapan siswa terhadap bahan yang telah diterimanya, dan menumbuhkan kondisi belajar dalam hubungannya dengan pelajaran hari itu. 
Tahap prainstruksional dalam strategi mengajar mirip dengan kegiatan pemanasan dalam olahraga. Kegiatan ini akan memengaruhi keberhasilan siswa.
2.      Pengajaran (instruksional)
Tahap pengajaran atau tahap inti, yakni tahapan memberikan bahan pelajaran yang telah disusun guru sebelumnya.
3.      Tahap penilaian dan tahap tindak lanjut 
Tahap penilaian atau tahap evaluasi dan tindak lanjut dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan tahapan ini ialah untuk mengetahui tingkat keberhasilan dari tahapan instruksional.

Meier (2002:103) berpendapat bahwa kegiatan pembelajaran pada hakikatnya mempunyai empat unsure, yakni :
1.      Persiapan (preparation)
2.      Penyampaian (presentation)
3.      Pelatihan (practice)
4.      Penampilan hasil (performance)

Sumber :  Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung : Pt Remaja Rosdakarya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar