Rabu, 14 Desember 2016

Pola Hubungan Remaja dengan Sekolah



Pengalaman masuk sekolah saat pertama mereka menyesuaikan diri dalam pola kelompok, diatur oleh guru sekolah merupakan lingkungan artifisial yang sengaja dibentuk guna mendidik dan membina generasi muda ke arah tujuan tertentu, terutama untuk membekali anak dengan pengetahuan dan kecakapan hidup (life skill) yang dibutuhkan di kemudian hari. Guru masih memberi peran sentral dalam kehidupan anak dan remaja, yang sangat sering menentukan bagaimana mereka merasakan berada di sekolah dan bagaimana mereka merasakan diri.

Mereka memahami bagaimana melakukan selingan antara belajar dengan bermain menghargai kemampuan-kemampuan khusus murid, mengetahui menciptakan suatu setting di mana anak-anak memandang diri mereka secara positif.





Sumber : Hosnan, M. 2016.Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Cetakan pertama. Bogor : Ghalia Indonesia




Tidak ada komentar:

Posting Komentar