Pengalaman
masuk sekolah saat pertama mereka menyesuaikan diri dalam pola kelompok, diatur
oleh guru sekolah merupakan lingkungan artifisial yang sengaja dibentuk guna
mendidik dan membina generasi muda ke arah tujuan tertentu, terutama untuk
membekali anak dengan pengetahuan dan kecakapan hidup (life skill) yang dibutuhkan di kemudian hari. Guru masih memberi
peran sentral dalam kehidupan anak dan remaja, yang sangat sering menentukan
bagaimana mereka merasakan berada di sekolah dan bagaimana mereka merasakan
diri.
Mereka
memahami bagaimana melakukan selingan antara belajar dengan bermain menghargai
kemampuan-kemampuan khusus murid, mengetahui menciptakan suatu setting di mana
anak-anak memandang diri mereka secara positif.
Sumber : Hosnan,
M. 2016.Psikologi Perkembangan Peserta
Didik. Cetakan pertama. Bogor : Ghalia Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar