Awal pelajaran atau awal setiap tanggal kegiatan dalam inti pelajaran guru
harus melakukan kegiatan membuka pelajaran. Komponen keterampilan itu adalah :
Menarik perhatian siswa
Cara yang dapat digunakan adalah sebagai berikut:
Cara yang dapat digunakan adalah sebagai berikut:
a.
Gaya mengajar guru. Perhatian dapat timbul dari
apresiasi gaya mengajar guru seperti posisi atau kegiatan yang berbeda dari
biasanya.
b.
Penggunaan alat bantu mengajar ,seperti : gambar, model,
dan skema. Selain dapat menarik perhatian, alat bantu mengajar tersebut
memungkinkan terjadi kaitan antara hal yang telah diketahui dengan hal yang
dipelajari.
c.
Pola interaksi yang bervariasi seperti guru- siswa
siswa-siswa ,siswa-guru.
Menimbulkan motivasi
Ada beberapa cara untuk menimbulkan motivasi diantaranya sebagai berikut :
Ada beberapa cara untuk menimbulkan motivasi diantaranya sebagai berikut :
a.
Bersikap hangat, ramah, antusias, bersahabat sebagainya.
Karena dapat mendorong tingkah dan kesenangan dalam mengerjakan tugas sehingga
motivasi siswa akan timbul.
b.
Menimbulkan rasa ingin tahu dengan melontarkan ide yang
bertentangan dengan penyelesaian masalah atau kondisi diri dari kenyataan
sehari-hari.
c.
Memerhatikan minat siswa dengan cara menyesuaikan topik
pelajaran dengan minat siswa karena motivasi dan minat berpengaruh pada jenis
kelamin, umur, sosial ekonomi dan sebagainya.
Memberi acuan
Memberi acuan merupakan usaha untuk mengungkapkan secara spesifik dan singkat serangkaian alternatif yang memungkinkan siswa memperoleh gambaran yang jelas mengenai hal-hal yang harus dipelajari untuk yaitu cara yang dilakukan adalah sebagaimana penjelasan di bawah ini :
Memberi acuan merupakan usaha untuk mengungkapkan secara spesifik dan singkat serangkaian alternatif yang memungkinkan siswa memperoleh gambaran yang jelas mengenai hal-hal yang harus dipelajari untuk yaitu cara yang dilakukan adalah sebagaimana penjelasan di bawah ini :
a.
Mengemukakan tujuan dan batas tugas
b.
Menyarankan langkah-langkah yang dilakukan
c.
Mengingatkan masalah pokok yang dibahas
d.
Mengajukan pertanyaan
Membuat kaitan
Jika guru
mengerjakan materi baru perlu menghubungkan dengan hal yang telah dibuat siswa
atau pengalaman atau minat dan kebutuhan yang untuk mempermudah pemahaman hal-hal
yang telah dikenal, pengalaman, minat, dan kebutuhan inilah yang disebut dengan
pengait.
Contoh usaha guru untuk membuat kaitan :
Contoh usaha guru untuk membuat kaitan :
a.
Dalam memulai pelajaran, guru meninjau kembali sejauh
mana materi sebelumnya telah dipahami dengan mengajukan pertanyaan atau inti
materi pelajaran terdahulu secara singkat.
b.
Cara membandingkan atau mempertentangkan dengan
pengetahuan baru. Hal ini dilakukan jika pengetahuan baru erat kaitanya dengan
pengetahuan lama. Contohnya guru bertanya untuk mengetahui pemahaman siswa
tentang pengurangan sebelum mengerjakan pembagian.
c.
Cara Menjelaskan konsep nya Apa pengertian lebih dahulu
sebelum mengerjakan bahan secara terperinci.
Sumber
: Majid, Abdul. 2013. Strategi pembelajaran. Bandung : Pt
Remaja Rosdakarya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar