Sabtu, 31 Desember 2016

Keterampilan Membuka Pelajaran





Awal pelajaran atau awal setiap tanggal kegiatan dalam inti pelajaran guru harus melakukan kegiatan membuka pelajaran. Komponen keterampilan itu adalah :

Menarik perhatian siswa
Cara yang dapat digunakan adalah sebagai berikut:
a.       Gaya mengajar guru. Perhatian dapat timbul dari apresiasi gaya mengajar guru seperti posisi atau kegiatan yang berbeda dari biasanya.
b.      Penggunaan alat bantu mengajar ,seperti : gambar, model, dan skema. Selain dapat menarik perhatian, alat bantu mengajar tersebut memungkinkan terjadi kaitan antara hal yang telah diketahui dengan hal yang dipelajari.
c.       Pola interaksi yang bervariasi seperti guru- siswa siswa-siswa ,siswa-guru.

Menimbulkan motivasi
Ada beberapa cara untuk menimbulkan motivasi diantaranya sebagai berikut :

a.       Bersikap hangat, ramah, antusias, bersahabat sebagainya. Karena dapat mendorong tingkah dan kesenangan dalam mengerjakan tugas sehingga motivasi siswa akan timbul.
b.      Menimbulkan rasa ingin tahu dengan melontarkan ide yang bertentangan dengan penyelesaian masalah atau kondisi diri dari kenyataan sehari-hari.
c.       Memerhatikan minat siswa dengan cara menyesuaikan topik pelajaran dengan minat siswa karena motivasi dan minat berpengaruh pada jenis kelamin, umur, sosial ekonomi dan sebagainya.

Memberi acuan
Memberi acuan merupakan usaha untuk mengungkapkan secara spesifik dan singkat serangkaian alternatif yang memungkinkan siswa memperoleh gambaran yang jelas mengenai hal-hal yang harus dipelajari untuk yaitu cara yang dilakukan adalah sebagaimana penjelasan di bawah ini :

a.       Mengemukakan tujuan dan batas tugas
b.      Menyarankan langkah-langkah yang dilakukan
c.       Mengingatkan masalah pokok yang dibahas
d.      Mengajukan pertanyaan

Membuat kaitan
Jika guru mengerjakan materi baru perlu menghubungkan dengan hal yang telah dibuat siswa atau pengalaman atau minat dan kebutuhan yang untuk mempermudah pemahaman hal-hal yang telah dikenal, pengalaman, minat, dan kebutuhan inilah yang disebut dengan pengait.
Contoh usaha guru untuk membuat kaitan :

a.       Dalam memulai pelajaran, guru meninjau kembali sejauh mana materi sebelumnya telah dipahami dengan mengajukan pertanyaan atau inti materi pelajaran terdahulu secara singkat.
b.      Cara membandingkan atau mempertentangkan dengan pengetahuan baru. Hal ini dilakukan jika pengetahuan baru erat kaitanya dengan pengetahuan lama. Contohnya guru bertanya untuk mengetahui pemahaman siswa tentang pengurangan sebelum mengerjakan pembagian.
c.       Cara Menjelaskan konsep nya Apa pengertian lebih dahulu sebelum mengerjakan bahan secara terperinci.






Sumber :  Majid, Abdul. 2013. Strategi pembelajaran. Bandung : Pt Remaja Rosdakarya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar